REVIEW: Pisau Survival Browning X46


BROWNING-X46 300JAM

Salah satu gear yang wajib dibawa ketika berkemah adalah pisau. Bukan sembarang pisau melainkan pisau survival.

Kenapa pisau survival? Karena pisau survival biasanya multifungsi. Bisa digunakan untuk memotong tali, memotong ranting, membelah kayu, menyisik ikan, bahkan mengiris bumbu-bumbuan. Memang untuk keperluan yang terakhir ini agak sulit, tapi tetap bisa. Karena toh tujuannya Survive, alias bertahan hidup.

Kamu membawa pisau dapur, tapi bayangkan berapa banyak peralatan yang mesti dibawa jika harus memenuhi tujuan itu. Untuk berkemah, apalagi mendaki gunung, kamu ingin bawaan seringan mungkin.

Pisau ini mereknya Browning type X46. Berikut spesifikasinya.

 

SPESIFIKASI

Panjang Mata Pisau: 9,5 cm
Panjang Keseluruhan: 22 cm
Panjang Handle: 12,5 cm
Berat: 280 gram
Ketebalan Mata Pisau: 3.6 mm
Kekerasan: 57 HRC
Handle Material: baja / steel

 

BROWNING-X46-UPPER 300JAM

CARA PENGGUNAAN
Browning X46 termasuk kategori pisau lipat. Mata pisau dikeluarkan dengan menarik tuasnya dengan telunjuk. Dan menutupnya dengan menekan tuas penyangga di bagian dalam, lalu melipatnya.

 

MATA PISAU
Seperti yang kamu lihat, mata pisau tidak melengkung sempurna, melainkan sengaja dibuat sedikit bergelombang. Sangat efektif ketika digunakan untuk memotong ranting, memotong tali, atau menyerut kayu. Tapi ketika digunakan untuk memasak, seperti memotong bumbu-bumbu atau ikan, pisau ini tidak terlalu nyaman. Karena bentuknya yang demikian.

BROWNING-X46 300JAM

 

TES LAPANGAN
Pisau ini terbilang kokoh karena seluruhnya terbuat dari bahan stainless steel. Cukup mumpuni untuk keperluan sehari-hari. X46 juga cukup enak untuk dibawa-bawa. Di bagian sisi pisau ada capit yang bisa kamu kaitkan pada celana. Jadi tak perlu mengantunginya, cukup dikaitkan saja.

Masalah tiba ketika harus melakukan pekerjaan yang lumayan berat. Seperti membelah kayu bakar misalnya. Kelemahan terbesar pisau lipat adalah pada engselnya. Ketika pisau dipaksa untuk kerja ekstra berat secara terus menerus, ada kemungkinan engsel tidak akan bertahan.

Dengan kata lain, jika tujuan kamu adalah untuk berpetualang di dalam hutan dan melakukan pejerjaan berat, maka fixed knife akan jauh lebih tepat.

Untuk saya pribadi, karena keperluan saya sekedar berkemah biasa, bukan tipe adventure yang benar-benar menyelami hutan, pisau ini terbilang cukup. Mungkin kekurangannya bagi saya adalah pada berat. Pisau ini cukup berat, yakni 280 gram. Ketika kamu sekedar melakukan pekerjaan kecil seperti memotong ikan, mengiris bumbu, memotong tali, pisau ini terasa agak berat untuk digenggam. Tapi, lagi-lagi itu relatif.

Selebihnya pisau bekerja dengan baik.

 

UNTUK SIAPA PISAU INI
Buat kamu yang menyukai perkemahan dan pendakian gunung, pisau ini cocok untuk kamu. Karena bentuknya yang cukup kecil, kokoh, namun indah. Pisau ini multifungsi dan bisa digunakan untuk banyak hal.

Tetapi jika petualangan yang kamu lakukan adalah petualangan hardcore alias menyelami hutan rimba, saya rasa pisau ini tak cukup untuk itu.

 

RATING:  4.0  /  5


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9