REVIEW: Pisau Fixed Blade Ganzo G8012


review GANZO G8012 -- 300-JAM

KENAPA PISAU INI
Kamu berkemah sendirian di dalam hutan. Tenda didirikan, matras digelar, peralatan masak disiapkan. Tak lupa mencari ranting dan batang pohon di sekitar untuk api unggun malam nanti. Sesampainya di perkemahan, hari sudah gelap.

Kayu-kayu tadi ternyata terlalu tebal, jadi kamu terpaksa harus membelahnya menjadi dua. Kamu ambil pisau lipat, lalu mencoba membelahnya dengan bantuan kayu besar lain sebagai palu pemukul.

Trrraaaakkkkkk!!!!

Pisau lipatmu patah. Bilahnya terlepas dari gagang. Engselnya berserakan. Karena memang bukan itu fungsi pisau lipat.

Bayangkan apa yang terjadi setelah itu. Kamu sendirian di dalam hutan sementara kayu bakar tak dapat dinyalakan.

Dalam keadaan survival macam begitu, yang seharusnya dibawa adalah pisau fixed blade. Alias pisau yang memiliki tulang dari bilah hingga ke gagang.

Dan kalau bicara soal pisau fixed blade, maka salah satu pisau terbaik di kelas entry level adalah Ganzo G8012.
 
 
BILAH
review GANZO G8012 -- 300-JAM
Ganzo G8012 memiliki bilah dengan lekuk eksotis. Satu karakteristik yang membedakan dia dengan Gerber Bear Grill adalah ujung pisau yang tidak terlalu meruncing. Lebih menyerupai huruf U yang dibagi dua. Bilah pisau setebal 5mm ini kuat untuk membelah kayu besar sekalipun, tanpa kuatir patah. Dan yang paling saya sukai adalah warna hitam doff yang membalut seluruh tubuh pisau ini. Membuat Ganzo G8012 terlihat seperti pembunuh yang elegan.
 
 
GRIP
Grip terbuat dari bahan karet bercampur plastik. Tidak licin karena terdapat garis alur menimbul seperti yang biasa kamu temukan pada pisau-pisau mahal, yang akan membuat genggaman semakin mantap.
 
 
SARUNG
review GANZO G8012 -- 300-JAM
Kesan pisau mahal itu agak ternodai saat melihat sarung pisau ini. Sekalipun sempat dibuai oleh keindahan pisaunya, begitu melihat sarungnya saya jadi turn off. Sarungnya terbuat dari bahan plastik kokoh berwarna hitam doff. Dari ketebalannya pun tak perlu diragukan lagi ketahanannya. Namun desainnya itu lho yang bikin pisau ini terkesan seperti pisau murahan.

Biar begitu sarung ini ditemani dengan asahan pisau yang berada di punggung sarung serta fire-starter yang terdapat di bagian depan sarung. Dengan kata lain Ganzo G8012 ini benar-benar cocok buat kamu yang doyan survival.
 
 
TES LAPANGAN
Pisau baja ini dengan mudah membelah bambu dan ranting pohon. Tulang pisau yang menyambung dari bilah ke gagang membuat pisau begitu kokoh karena tak ada engsel dan sambungan sebagaimana pisau lipat. Dengan kata lain takkan mungkin potong kalau hanya sekedar membelah kayu.

Saya bahkan pernah melihat seseorang menancapkan pisau ini di pohon, lalu ia naik ke atas pisau itu. Aman! Tidak patah!

Kalau buat dipakai keperluan memasak ya bisa-bisa saja. Tapi tak terlalu nyaman. Toh memang bukan itu kegunaan utamnya. Tapi jika memang terpaksa, apa sih yang gak bisa.
 
 
HARGA
Harga yang dipatok sedikit di atas Gerber Bear Grill, dan saya rasa cukup wajar. Kalau dilihat dari bentuk pisaunya, kamu bakal tahu kalau Ganzo G8012 memiliki bentuk yang lain dari pisau pada umumnya. Belum lagi kualitas baja 55HRC yang bakalan membelah kayu tebal dengan mudah. Untuk mendapatkan semua kualitas itu kamu cuma perlu menyisihkan sekitar 600ribuan saja.

Kamu bisa membelinya disini (KLIK).
 
 
SPESIFIKASI
Tipe: Fixed Blade
Material: 440 Stainless Steel
Kekerasan: 54-55 HRC
Warna bilah: hitam
Grip material: karet dan plastik
Warna Grip: hitam
Panjang: 24,5cm
Panjang bilah: 11,5cm
Ketebalan bilah: 5mm
Berat: 200 gram

 
 


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9