TENDA BORNEO 2 — Ga Nyangka!! Tenda Sejuta Umat ini Berasa Kostan!


Kesalahan besar saya ketika pertama kali berkemah adalah salah memilih tenda. Kala itu saya memilih tenda single-layer untuk berkemah di kaki bukit. Dan parahnya lagi kala itu sedang musim hujan. Alhasil, tenda mengalami kebocoran di san-sini, air merembes dari beberapa bagian jahitan. Dan menjadi semakin buruk ketika malam hari tiba. Embun mulai memenuhi dinding-dinding tenda. Karena hanya single-layer (satu lapis), maka kondensasi (pengembunan) tak terelakkan lagi.

Sejak saat itu saya beralih ke tenda double-layer. Karena dengan double-layer maka masalah rembes air dan kondensasi langsung teratasi. Tak ada lagi penderitaan di malam hari.

Baca juga: Tenda Single Layer VS Tenda Double Layer

Untuk merek, kala itu saya pilih Borneo. Lantaran tenda itu cukup mumpuni dan harganya cukup ramah di kantong.

BAHAN
Kalau kamu biasa berkemah di hutan liar atau di medan dengan tekstur tanah kasar, maka tenda ini cocok untuk menemani kamu. Berbeda dengan kebanyakan tenda, alas Tenda Borneo-2 menggunakan bahan terpal yang cukup tebal sehingga melindungi begian dalam tenda dari kerikil atau potongan kayu yang tajam. Bahkan sekalipun kamu tidak menggunakan footprint, tenda ini cukup aman untuk digunakan.

Gak cuma itu… Bahan yang tebal memastikan air yang menggenang di bawah tenda takkan masuk ke dalam.

Sementara untuk bagian luar tenda (outer) menggunakan bahan yang lebih tipis. Namun cukup baik dalam menghalau sinar matahari maupun hujan.

RUANG
Bagian dalam tenda berukuran 210cm x 110cm x 160cm. Karena saya berkemah di kaki bukit dengan suhu dalam kemah berkisar antara 15 sampai 17 derajat Celcius, maka ruang yang diberikan Borneo-2 cukup memadai. Kamu bisa menyimpan barang-barang penting di dalam tenda, sementara barang-barang lainnya bisa kamu taruh di bagian teras yang letaknya di depan pintu utama. Tanpa kuatir barang kamu kepanasan atau kehujanan.

Di bagian dalam tenda terdapat 2 kantung kecil di kanan kiri dinding yang bisa dipakai untuk menyimpan smartphone atau kunci.

Untuk 2 orang, tenda ini terbilang cukup nyaman.

KEMUDAHAN MERAKIT
Kurang dari 15 menit kamu sudah bisa mendirikan tenda ini. Sangat praktis dan intuitif. Kamu bahkan bisa mendirikan tenda tanpa perlu menonton video tutorialnya di YouTube.

Yang memakan waktu lebih lama justru ketika harus melipat dan membereskan tenda. Disitu butuh keterampilan dan kesabaran. Dan menonton “cara melipat tenda borneo 2” di YouTube akan sangat membantu.

KETAHANAN
Biasanya bagian yang rentan pada tenda adalah pada tiang atau frame-nya. Begitu juga pada Borneo-2. Saya pernah mengalami patah tiang, tapi untungnya suku cadangnya mudah ditemukan di tokopedia. Kamu tinggal masukan kata kunci “frame fiber borneo 2”

KESIMPULAN
Ini adalah tenda yang cocok bagi pemula. Selain harganya relatif terjangkau, tenda ini punya kualitas yang baik. Bisa dibilang kualitas yang didapat sebanding dengan harga yang dibandrol.

 

SPESIFIKASI

Bahan Flysheet : 190T Polyester PU2500mm Ripstop Seam Taped
Bahan Inner : 190T Polyester Breathable PA Coated
Bahan Floor : 10×10, 110g/M2 PE Polyethylene Terpal
Pasak/Peg+Rope : ±4mm x 18cm x 15-18pcs Galvanized Steel n 3mm GuyRope
Ukuran : (210+60) x 160 x 110cm
Tiang : Fiberglass 7.9mm x 3set Orange
Berat :  3 kg
Kapasitas : 2 orang


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9