Termometer Outdoor MINI Murah Meriah & AKURAT — REVIEW


Termometer Outdoor Mini Murah Meriah

Kalau pergi berkemah saya selalu bawa termometer outdoor. Memang bukan peralatan yang wajib hukumnya, tapi seringkali saya kepingin tahu berapa sih suhu di tempat saya berkemah ini. Toh smartphone yang canggih pun ga punya cara untuk memberikan suhu setempat secara akurat — apalagi tanpa sinyal.

Jadi di setiap perkemahan saya selalu membawa termometer supaya tahu berapa suhu setempat. Dan apa yang perlu dipersiapkan di perkemahan berikutnya jika menghadapi suhu serupa.

Saya memutuskan untuk membeli termometer mini murah meriah bikinan Cina ini. Harganya terbilang cukup murah, kalau tak salah dibawah Rp 20.000. Kamu bisa temukan di toko-toko online.

 

MENGAPA PENTING?

Termometer outdoor ini penting karena ia bukan cuma menunjukan berapa derajat suhu di tempat tersebut, tapi juga berapa tingkat kelembabannya. Sebagai gambaran suhu 16 derajat dengan kelembaban 60% akan sangat berbeda dengan suhu yang sama dengan kelembaban 80%.

Pada kasus pertama, ketika kedinginan kamu bisa menggunakan selimut yang biasa dipakai di rumah. Tapi ketika di suhu yang sama dengan kelembaban tinggi, selimut kamu menjadi counter productive. Selimut yang seharusnya melindungi kamu dari dingin malah membuat kamu makin kedinginan. Itu sebabnya di pegunungan yang umumnya memiliki suhu rendah dan tingkat kelembaban tinggi, kamu mesti menggunakan sleeping-bag khusus — dan bukan selimut.

 

KENAPA TIDAK MENGGUNAKAN APLIKASI HAPE?

Sederhana, karena tidak akurat. Suhu yang tercantum dalam aplikasi hape meng-kover radius atau wilayah yang terlalu luas. Sementara yang kamu butuhkan adalah suhu setempat. Belum lagi kalau kamu ke gunung, sinyal bakalan nol.

Saya telah melakukan pengujian untuk membandingkan suhu di aplikasi dengan suhu di termometer untuk suhu setempat. HASILNYA CUKUP MENCENGANGKAN!

Perbedaan suhu nyaris 4 derajat. Sebagai contoh untuk daerah Cihideung, sekalipun aplikasi menunjukkan suhu 23 derajat, namun kenyataannya suhu dimana saya berdiri menunjukkan suhu 27 derajat.

 

AKURASI

Biarpun ukurannya kecil dan harganya murah meriah, tapi termometer outdoor ini akurat lho. Saya telah menguji dengan membandingkannya dengan termometer ruangan analog. Dimana saya melakukan dua kali pengujian. Di dalam ruangan, dan di luar ruangan. Keduanya menunjukkan hasil yang sama.

Ternyata suhu yang ditampilkan oleh kedua termometer menunjukkan angka yang sama.

 

BATERAI

Tak perlu kuatir soal baterai. Saya sudah menggunakan hampir setengah tahun dan belum juga ganti baterai. Awet!

 

KETAHANAN

Setelah hampir setengah tahun penggunaan tak ditemukan masalah apapun. Kalau sesekali jatuh takkan masalah, takkan rusak.

 

SPESIFIKASI

Ukuran Kelembaban: 10% -99% (Akurasi +- 5%)
Ukuran Temperatur: -30C – 70C (Akurasi +- 1 Celcius)
Dimensi: 4,7cm x 2,7cm
Baterai: 2 baterai kancing LR44

 

KESIMPULAN

Saya puas! Sekalipun harganya murah, tapi nilai yang diberikan oleh termometer ini jauh lebih besar daripada harganya. Mudah dibawa, awet, dan tahan banting.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9