REVIEW: KINDLE 2019 10th Generation


KINDLE REVIEW -- 300JAM
Saya telah menggunakan Kindle selama kurang lebih 1 tahun. Dan ini review saya.

DESAIN FISIK
Kindle ini berukuran 11,3cm x 16cm. Dengan ukuran layar 9cm x 12,2cm. Mungkin kamu berpikir kalo layarnya terlalu kecil. Tapi sebetulnya tidak. Tampilannya pas. Akan saya jelaskan di bagian Interface.

Dari segi desain, Kindle sepertinya lebih mengutamakan fungsi daripada estetik. Beratnya yang ringan membuat Kindle tidak melelahkan untuk dipegang berlama-lama. Tapi ada harga yang harus dibayar. Bahan yang digunakan terlihat seperti plastik murahan.

Permukaan berwarna hitam doff dengan tekstur sedikit kasar seharusnya membuat Kindle anti licin. Tapi nyatanya, Kindle ini terasa cukup slippery. Dan kalau tanganmu berminyak, itu akan berbekas pada permukaan.

Belum lagi kabel data yang terasa keras dan tidak pas (alias koclak) ketika dicolokkan ke port kindle. Rasanya persis seperti kalau kamu beli kabel bajakan dan mencolokkannya ke smartphone kamu.

INTERFACE & PENGALAMAN MEMBACA
Dalam hal ini, Kindle bekerja dengan sangat baik. Sekalipun layar kindle hanya berukuran 9cm x 12,2cm, kamu bisa mengganti ukuran font, jarak antar baris, dan margin sesuai selera. Kalau huruf dirasa terlalu kecil, kamu bisa memperbesarnya. Kamu bahkan bisa mengganti jenis font sesuai dengan selera kamu!

KINDLE REVIEW -- 300JAM

Sangat berbeda dengan membaca di smartphone, sekalipun membaca dalam waktu lama tidak membuat mata lelah. Membaca Kindle mirip sekali dengan membaca buku. Dan Kindle 2019 pun dilengkapi dengan back light. Kamu bisa membaca di ruang gelap, dan mematikan backlight di ruang yang cukup terang.

Dalam kenikmatan membaca, saya acungkan jempol untuk kindle.

TRANSFER FILE DARI DESKTOP KE KINDLE
Transfer file sangat mudah. Sama mudahnya seperti kamu mentransfer file dari desktop ke Android.

BATERAI
Kindle bisa bertahan berminggu-minggu tanpa dicharge. Berbeda dengan smartphone yang harus di-charge setiap hari.Seandainya kamu membaca 1 jam 30 menit dalam sehari, baterai bisa bertahan hingga 2 minggu. Awet bukan?

Sayangnya Kindle tidak dilengkapi dengan charger. Jadi kamu harus mencari charger sendiri yang berkapasitas 5V – 0,5A.

KESIMPULAN
Kalau kamu mengejar fungsi (membaca buku), maka Kindle benar-benar perangkat yang tepat.
Tapi, kalau kamu fanatik desain, kamu harus mencari alternatif lain. Karena dengan harga yang cukup mahal, Kindle ini terlihat seperti barang harga 500ribuan. Bahkan smartphone bikinan China yang harga 1jutaan pun punya desain lebih baik dari ini.
REVIEW: KINDLE 2019 10th Generation

SPESIFIKASI
Screen Resolution: 800 × 600 Pixel
Screen Size: 6 inch
Technology: E-ink
Processor: Single Core
OS: Kindle
RAM: 256 MB
Internal: 8 GB


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9