UJI TOP BOX GIVI E43 DALAM PERJALANAN 942KM [ KEHUJANAN, KEPANASAN, KEBANJIRAN ]


Perjalanan jarak jauh tentu membutuhkan top box dengan kapasitas lumayan besar.

Dua pilihan muncul kala itu. Top Box GIVI bikinan Itali ATAU top box SHAD bikinan Spanyol.

Motor saya Honda CB150 Verza, motor yang memang cocok buat touring jarak jauh.

Pertanyaan berikutnya, box seperti apa yang bakal matching dengan bentukan motor CB Verza? Kalau dilihat-lihat box bikinan Shad itu cenderung membulat dengan lekuk-lekuk futuristik. Sementara Givi lebih bermain dengan aksen dan garis tegas yang mengotak.

Gak butuh waktu lama untuk memutuskan, kalau motor saya PCX atau motor-motor yang didominasi oleh lekukan, sudah pasti saya memilih Shad. Tapi untuk CB Verza, tanpa ragu saya memilih GIVI.

KAPASITAS
Semula saya berniat menggunakan Givi berkapasitas 30 liter, tapi ternyata box ukuran segitu terlalu imut buat CB Verza. Gak cocok dengan perawakannya yang besar. Lagipula untuk perjalanan panjang, box 30 liter gak cukup besar.

Akhirnya saya memutuskan membeli GIVI E43 NTL dengan kapasitas 43 LITER. Top box ini mampu menampung dua buah helm fullface. Dalam perjalanan kemarin saya menyimpan segala peralatan motor, kelistrikan, sandal, kotak P3K, serta jas hujan dalam box ini.

TAMPILAN
Begini tampilan CB Verza ketika dipasangi dengan Top Box Givi.

Touring 942KM Bandung - Dieng - Boyolali pake CB VERZA

Gak perlu kuatir kehujanan karena top box Givi E43 anti air. Gak perlu kuatir pecah karena bahannya cukup tebal dan akan melindungi barang-barang kamu dengan baik.

KEMUDAHAN DALAM MENGGUNAKAN
Copot bila tak digunakan, pasang bila digunakan. Semudah itu.

Untuk melepasnya cukup tekan satu tombol, sementara untuk memasang tinggal pasang hingga terdengar bunyi klik. Sangat mudah!

Untuk buka tutup pun sangat PRAKTIS. Tinggal putar kunci lalu tekan tombol. Begitu pula ketika menutupnya. MEMUASKAN!

STABILITY
Ini dia MASALAH TERBESAR Givi E43. Box ini bakal merusak keseimbangan dan aerodinamika motor. Keseimbangan yang semula berpusat pada pengemudi kini bergeser karena adanya beban berat di bagian belakang ekor motor.

Saya merasakan sendiri motor jadi lebih mudah oleng. Bahkan ketika kamu melepas stang kemudi, stang akan bergetar hebat, dan jika dibiarkan sudah pasti akan jatuh.

KEBISINGAN
Banyak yang mengeluhkan kalau top box ini menimbulkan suara glodak-glodak selama perjalanan. Tapi sebetulnya itu tergantung kepintaran kamu mengatur posisi barang sih. Taruh barang yang empuk (jas hujan) di bawah, sementara barang-barang yang keras di atas.

Dalam hal ini banyak sekali solusi alternatif yang bisa kamu pakai. Mulai dari melapisi dasarnya dengan busa atau karpet sampai dengan memasukkan barang-barang kecilmu dalam pouch (tas kecil).

GAK PERLU KUATIR dengan yang satu ini.

KETAHANAN
Givi E43 saya belum pernah jatuh. Tapi saya pernah lihat uji ketahanan box ini dimana si penguji melemparkan box dari atas bukit dan juga menjatuhkannya dari motor. MENGEJUTKAN!!! Givi E43 tetap baik-baik saja.

Kamu bisa lihat videonya di sini:


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9