Motor Touring Wajib Punya 5 Hal Ini


Kalau bicara soal motor touring, kontan yang ada dalam bayangan kita adalah perjalanan ratusan atau ribuan kilometer. Perjalanan yang bukan hanya memakan waktu sejam dua jam, tetapi bisa berjam-jam, berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan.

Karenanya motor yang digunakan buat touring jelas bukan motor yang sama dengan motor kota atau motor yang biasa kita pakai sehari-hari. Ada perbedaan tujuan dan fungsi yang mesti kita ketahui.

Berikut beberapa hal yang TAK BOLEH DILEWATKAN ketika memilih motor touring:

1. Kenyamanan
Seperti yang saya katakan di awal, touring adalah perjalanan jauh. Jadi sebuah motor yang ergonomis dan nyaman dikendarai wajib hukumnya. Jangan sampai kamu memakai motor racing untuk dipakai touring, karena posisi kaki yang menekuk dan badan membungkuk jelas takkan nyaman digunakan jika harus dilakukan berjam-jam.

2. Kondisi Motor Sehat
Bayangkan jika kamu mesti berkendara selama enam jam dan hari sudah mulai gelap. Mesin motormu menderu dengan suara tak wajar. Di satu sisi ingin cepat sampai, tapi di sisi lain kamu tak berani menggenjot kecepatan lantaran motor bisa saja overheat. Bukankah itu tidak nyaman? Kamu bukan cuma lelah secara fisik, tapi juga secara psikologis.

3. Bertenaga
Ingat! Kamu bersaing bukan cuma dengan sesama motor, tapi juga mobil, bus, dan terlebih lagi truk. Kalau mesin motormu hanya 100cc dan harus menyusul truk di tanjakan, itu benar-benar beresiko. Pastikan motor kamu bertenaga.

4. Irit BBM
Perjalanan jauh berarti lebih banyak bbm yang dikonsumsi. Pastikan motor kamu irit bbm sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlampau besar.

5. Perawatannya Mudah
Kamu masuk ke sebuah kota kecil dan disana jarang ada bengkel resmi. Kebanyakan hanya ada bengkel komersil. Apa jadinya jika kamu menggunakan motor super canggih dan ternyata tak ada satu montir pun yang mengerti cara menangani motor super canggihmu itu. Ada dua solusi: kamu bisa menggunakan motor yang mudah perawatannya, atau kamu pastikan motor super canggih kamu tidak mogok.

Tahukah kamu, butuh waktu dan riset untuk membuat konten ini. Kamu akan sangat membantu dan memberikan suntikan semangat bagi saya jika kamu bisa membantu follow 300JAM di:

INSTAGRAM (Klik di sini)

Atau dengan membantu share konten ini.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook9